Social Icons

Friday, December 2, 2011

Lingkup Pekerjaan Kantor

Lingkup Pekerjaan Kantor

Lingkup Pekerjaan Kantor

Untuk menjaminnya tugas-tugas ketatausahaan dalam organisasi kantor perlu adanya Administrator yang memiliki kemampuan lebih dari pada pelaksana-pelaksana dan tugas mereka hanya memberikan pengarahan, pembimbingan dan evaluasi dan sekaligus sebagai panutan.
Menurut Charles dan Libbey pekerjaan Perkantoran terdiri dari:
  • Office Space
  • Communications
  • Office Personeel
  • Furniture and Equipment
  • Appliances and Machine
  • Methode
  • Supplies and Stationary
  • Executive Control
  • Record
Menurut Mac Donald (Office Management 1975), fungsi office management bertalian dengan 6 hal yaitu:
  • Kepegawaian Perkantoran (Officepersoneel)
  • Metode Perkantoran (Office methode)
  • Perlengkapan Perkantoran (Office equipments)
  • Faktor-faktor fisik dalam kantor
  • Biaya Perkantoran
  • Haluan Perkantoran

Menurut Leffingwell and Robinson
Office work is concerned primary with the brecord of the enterprise-making records, using records, and preserving them for future reference. These records my be the history of transaction of the enterprise, represented  by the accounts, by the correspondence, by contacts, by orders, by inventories, by plans and schedules, by reports and by written and printed memorandum ofall kinds.
Menurut Leffingwell and Robinson, pekerjaan perkantoran dapat diperinci menjadi :
  • Receiving, dispaching, and shipping order (menerima pesanan, mengantarkan dan mengirimkan dengan kapal)
  • Billing (membuat rekening)
  • Corespondece, dictation, typing (surat menyurat, mendikte dan mengetik)
  • Filling (menyimpan warkat)
  • Passing Credit and collecting outsanding account (menyampaikan hutang dan mengumpulkan perhitungan-perhitungan yang belum diselesaikan)
  • Handling, distribting and distaching mail (mengurus, membagi-bagi dan mengirim surat-surat pos)
  • Duplicating and addressing work (memperbanyak warkat dan membukukan alamat)
  • Miscellaneous, such as telephone, receiving visitor, massanger service (pekerjaan menelpon, menerima tamu dan pekerjaan pesuruh)
  • Special tasks, objective, simplifications of system, elimination of unnecessary work (tugas khusu dengan maksud menyederhanakan sistem, menghapuskan pekerjaan tidak perlu lagi.
Menurut George R Terry
Dalam hasil penelitiannya mengemukakan bahwa waktu kerja yang dipergunakan untuk melaksanakan 7 macam kegiatan pokok diperhitungkan dalam presentase yaitu:
  • typing                             24,6%
  • calculating                      19,5%
  • cheking                           12,3 %
  • filling                              10,2%
  • telephoing                        8,8%
  • dupplicating                      6,4%
  • mailing                              5,5%
  • other                                12,7%
Menurut Mills and Standinford :
Fungsi setiap kantor adalah penyediaan suatu pelayanan mengenai komunikasi dan warkat dan fungsi itu dapat dikelompokan menjadi 5 kegiatan yaitu:
  • Menerima keterangan (receiving information)
  • Mencatat keterangan (recording information)
  • Mengolah keterangan (arranging information)
  • Memberikan keterangan (giving information)
  • Melindungi harta kekayaan (safeguarding assets)

No comments:

Post a Comment


web stats
 

MY LINK

My Daily

Link Banner

Info Site

Flag Counter

Link Exchange SEO Reports for aktivitasme.blogspot.com Top Blogs - Blog Directory Top Sites Ping Lik - Free Url Submission Personal Blogs - Blog Rankings Free Guestbook
My Guestbook Environment Blogs
submit a blog

Followers

U-ON

Referrer